Anies Janji Lengkapi Aturan Operasional Becak di DKI - Indonesia Today -->

Recent Posts

Anies Janji Lengkapi Aturan Operasional Becak di DKI


Jakarta

- Gubernur DKI Jakarta

Anies Baswedan

menyebut belum menyelesaikan aturan terkait operasional becak di DKI Jakarta. Namun, ia mengatakan akan segera melengkapinya.

"(Peraturan operasional becak) Nanti, nanti aja kalau udah siap semua," ujar Anies saat menghadiri acara di Kampung Rawa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (7/10/2018).

Di lokasi yang sama, Ketua Serikat Becak Jakarta (Sebaja) Rasdullah mengaku bersyukur dengan kinerja Anies yang kembali mengizinkan becak beroperasi. Menurutnya, para penarik becak di Jakarta kini merasa sudah merdeka.

"Alhamdulillah karena hari ini kinerja Pak Anies tidak menggusur becak lagi. Dulu kita selalu berjuang. Alhamdulillah teman-teman becak sekarang bilang sudah merdeka, tidak digaruk lagi, tidak digusur lagi," ujar Rasdullah.

Rasdullah menyebut saat ini anggota Sebaja yang diakui oleh Pemprov DKI Jakarta jumlahnya telah mencapai 1.685 orang dan tersebar di 16 pangkalan. Menurutnya, saat ini semua penarik becak sudah terkoordinir dan diatur dengan adanya kartu tanda anggota (KTA) Sebaja, stiker dari Dishub di badan becak, dan penggunaan rompi sebagai identitas penarik becak.

Anies Janji Lengkapi Aturan Operasional Becak di DKI

Foto: Nur Azizah/detikcom

"Teman-teman becak, apabila tidak memenuhi 3 syarat itu, Satpol PP akan mengambil tindakan dan becaknya dikandangin, tidak boleh keluar. Itu artinya Pak Anies membolehkan becak di DKI, bukan becak pendatang dari kampung, tapi becak yang sudah ada di DKI," kata Rasdullah.

Untuk program selanjutnya, menurut Rasdullah, Pemprov DKI Jakarta bersama Dishub akan membuat pangkalan-pangkalan becak yang disebutnya sebagai shelter becak terpadu atau halte becak way. Dia menyebut halte tersebut sudah ada di Kelurahan Pejagalan, Jakarta Utara.

"Jadi sudah di Kelurahan Pejagalan, itu sampai hari ini, dia ada tempat pangkalan-pangkalan becak. Jadi untuk selanjutnya itu akan membuat halte becak, halte becak way," jelasnya.

Soal halte becak ini dibenarkan oleh Koordinator Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Eny Rochayati. Ia juga mengaku telah mendiskusikan soal aturan operasional becak bersama Anies.

"Sudah, (soal) rute, aturan-aturan, udah duduk bareng kawan-kawan becak dengan Pak Anies," kata Eny.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta disebut sedang menyusun aturan mengenai operasi becak di Jakarta. Aturan saat ini dalam tahap finalisasi.

"Ini kan sudah sampai detail. Tidak hanya jumlah, tapi juga siapa pelakunya. Artinya, siapa yang mengoperasikan, terus status kependudukannya seperti apa," kata Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Widjatmoko di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (15/8) lalu.



(jbr/jbr)
Sumber: https://bit.ly/2RAHs9J

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel