Duh, Kilang Minyak RI Mati Mendadak Bikin Impor BBM Melonjak - Indonesia Today -->

Recent Posts

Duh, Kilang Minyak RI Mati Mendadak Bikin Impor BBM Melonjak


Jakarta

- Pemerintah tengah memutar otak mengatasi lonjakan impor bahan bakar minyak (BBM) akibat kilang PT Pertamina mendadak mati (unplanned shut down). Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan unplanned shut down terjadi pada Juni dan Juli 2018

"Ada beberapa unplanned shut down bulan Juni dan Juli sehingga mengakibatkan impor produk kita lebih banyak daripada impor crude karena beberapa kilang terjadi unplanned shutdown. Kita kemarin membahas usaha apa yang kita lakukan sehingga memperkecil unplanned shutdown," kata Arcandra di Kementerian ESDM Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Arcandra tak menyebut besaran nilai impor. Dia mengatakan, untuk masalah ini akan menyiapkan strategi yang mengarah pada predictive maintenance atau pemeliharaan yang lebih terprediksi.

"Strategi lebih kepada predictive maintanance, yang sebelumnya itu preventive maintanance, kalau dengan prediktif kilang-kilang dunia menggunakan maintanance sistem yang sudah prediktif. Pertamina mengarah ke sana teknologi apa yang diperlukan dan siapa penyedia teknologi," jelasnya.

Arcandra melanjutkan, predictive maintenance itu ialah penyesuaian pada sumber daya, teknologi, hingga sistemnya.

"Teknologi ini sedang dievaluasi, sistem dievaluasi, ini kita bahas," tutur Arcandra. (hns/hns)


Sumber: https://bit.ly/2C84MpO

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel