Harap Jaga Kebersihan, 272 Warga di Pekanbaru Terserang DBD - Indonesia Today -->

Recent Posts

Harap Jaga Kebersihan, 272 Warga di Pekanbaru Terserang DBD


Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Harap jaga kebersihan lingkungan dan rumah anda, sebanyak 272 warga di Pekanbaru terserang Debam Berdarah Dengue (DBD).

Kasus DBD Kota Pekanbaru terus bertambah, memasuki pekan terakhir di bulan Oktober ini, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mencatata sebanyak 272 kasus.

Kasus tertinggi ada di Kecamatan Tampan yang mencapai 46 kasus, kemudian Kecamatan Tampan yang mencapai 43 kasus serta Payung Sekaki 39 kasus dan Bukit Raya 20 kasus, sisanya tersebar di kecamatan lainya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldi, Senin (15/10/2018) nengungkapkan, jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya, memang terjadi penambahan kasus di pekan ini sebanyak enam kasus.

Zaini menegaskan, bertambahnya kasus DBD di Pekanbaru salah satunya disebabkan akibat prilaku masyarakat yang membuat nyamuk aedes agypti cepat berkembang biak.

"DBD ini disebabkan oleh lingkungan yang kumuh, lembab dan banyak air tergenang. Selagi masyarakat tidak mendukung, itu pasti tetap ada kasusnya," ujarnya.

Untuk menekan penyebaran kasus DBD, pihaknya sudah meminta kepada sleuruh Puskemas di kecamatan masing-masing untuk bisa cepat tanggap memberikan pertolongan, jika ada warga yang terserang gejala DBD.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar menjaga lingkungan masing-masing, sebab kebersihan lingkungan sangat berkembangbiaknya nyamuk penyebab DBD.

"Kalau satu rumah ada satu kader Jumantiknya, saya yakin DBD bisa ditekan," ujarnya.


Sumber: https://bit.ly/2NJaFMp

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel